Thursday 27 November 2014

Ikan Cupang


Kali ini saya akan menceritakan ikan cupang. Pada waktu sd saya melihat tukang jualan ikan, ada banyak jenis ikan yang di jual oleh pedagang itu tapi mata saya tertuju pada ikan yang memiliki warna hitam dan sirip berwarna merah. Ternyata nama ikan itu adalah ikan cupang. 
Ikan cupang itumerupakan salah satu ikan hias yang mempunyai alat pernapasan tambahan berupa labirin. Dengan bantuan alat tersebut, ikan ini dapat mengambil oksigen langsung dari udara. Dengan demikian dalam pemeliharaan ikan cupang, aerasi tidak harus dipasang sehingga dapat menghemat penggunaan listrik dan sarana sistem aerasi.

Dan ikan cupang juga memiliki daya tarik lain yaitu keindahan warna dan sirip-siripnya, terutama ikan cupang jantan. Ikan ini juga senang berkelahi terhadap sesamanya sehingga dijuluki “fighting fish”, tetapi bersikap toleran terhadap ikan jenis lain. Toleransi ikan cupang terhadap temperatur berkisar antara 24-29 oC. Pertumbuhannya ikan cupang relatif cepat sehingga masa pembesarannya tidak terlalu lama ke waktu penjualannya.






Ada  dua  jenis  ikan  cupang,  yaitu  ikan  cupang  aduan  dan  ikan  cupang  hias.  Jenis cupang aduan. antara lain singapur, bagan, bangkok. Sedangkan jenis cupang hias adalah  halfmoon, serit (crown tail)dan  plakat.  Berbeda  dengan  cupang  adu,  cupang  hias  memiliki  warna  sangat  beragam dan  indah, terutama yang berkelamin jantan sehingga harganya pun lebih tinggi. Masing-masing jenis cupang hias ini sering dipertandingkan dalam kontes yang membuat harga ikan ini semakin menarik.

Demikianlah Artikel tentang ikan cupang ini semoga bermanfaat.

chandrafebriawann.blogspot.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright @ 2015

Distributed By Free Blogger Templates | | | |