Sunday 15 November 2015

Kegiatan Menulis di Perguruan Tinggi

Kegiatan menulis merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam seluruh proses belajar yang dialami mahasiswa selama menuntut ilmu di perguruan tinggi, karena diharapkan akan memiliki wawasan yang lebih luas dan mendalami mengenai topik yang ditulisnya.
Pada setiap semester mahasiswa harus menulis makalah atau tulisan lainnya. Ada kalanya untuk semua mata kuliah yang dijalani. dan banyak keuntungan yang dapat di ambil dari kegiatan menulis ini  seperti :
·         dalam kegiatan menulis ini dapat lebih mengenali kemampuan potensi diri kita sendiri.
·         dalam kegiatan menulis kita dapat mengembangkan berbagai gagasan melalui membandingkan fakta-fakta yang tidak pernah dilakukan.
·         Kegiatan menulis dapat lebih banyak menyerap, mencari, serta menguasai informasi tentang topik yang akan ditulis.
·         Menulis berarti mengorganisasikan gagasan secara sistematik serta mengungkapkan secara tersurat, dengan demikian dapat menjelaskan permasalahan yang belum jelas.
·         Menulis akan dapat meninjau serta menilai gagasan secara objektif.
·         Dengan menulis akan mempermudah memecahkan permasalahan, yaitu menganalisis secara tersurat dalam konteks yang lebih konkret.
·         kegiatan menulis yang terencana akan membiasakan berpikir serta berbahasa secara tertib.

Menulis Sebagai Proses

Kegiatan menulis adalah suatu proses penulisan dengan beberapa tahap yaitu tahap prapenulisan, tahap penulisan, dan tahap revisi.

a. Tahap prapenulisan

Tahap prapenulisan merupakan tahap perencanaan atau persiapan menulis, tahap ini mencakup :
•Menentukan topiknya., dengan pengamatan atau dari imajinasi sendiri ,karangan ilmiah harus mengenai fakta dan memilih topik perlu diperhatikan beberapa persaratan.
•Membatasi topik berarti mempersempit dan memperkhusus lingkup pembicaraan
•Menentukan bahan atau materi penukisan,macamnya,beberapa luasnya dan dari mana diperoleh.
•Menyusun kerangka karangan

b. Tahap penulisan

Tahap penulisan ini membahas setiap butir topik yang ada di dalam  kerangka yang disusun dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah diklasifikasikan menurut keperluan sendiri. Dalam mengembangkan gagasan menjadi suatau karangan yang utuh, diperlukan bahasa dan menguasai kata kata yang akan mendukung gagasan yang dipahami pembaca.

C. Tahap Revisi

tahap revisi ini biasanya meneliti secara menyeluruh mengenai logika, sistematika, ejaan, tanda baca pilihan kata, kalimat, paragraf, mengetikan catatan kaki dan daftar pustaka.


chandrafebriawann.blogspot.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright @ 2015

Distributed By Free Blogger Templates | | | |