Saturday 23 April 2016

Karangan Ilmiah Sederhana

KARANGAN ILMIAH PENELITIAN SEDERHANA TENTANG MANFAAT KUNYIT BAGI KESEHATAN MANUSIA






DISUSUN OLEH

NAMA : CHANDRA FEBRIAWAN
KELAS : 3KA07
NPM     : 11113867








UNIVERSITAS GUNADARMA


KATA PENGANTAR

Puji syukur saya ucapkan ke hadirat Allah SWT atas karunia dan rahmatnya, saya dapat menyelesaikan karangan penelitian sederhana yang berjudul “Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan”.
Ucapan terimakasih saya sampaikan kepada yang telah memberi motivasi kepada saya sehingga dapat menyelesaikan karangan penelitian sederhana ini, yaitu Allah swt, orangtua saya, dan teman-teman saya.
Saya menyadari karangan penelitian sederhana ini masih banyak kekurangannya, oleh karena itu saya mohon maaf dan mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun.
Semoga karangan penilitian sederhana tentang manfaat kunyit bagi kesehatan ini dapat bermanfaat. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.



                                                                                                           
                                                                                                                    Penulis















i
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR…………………………………………………                   i
DAFTAR ISI..………………………………………………………….                   ii
BAB 1 PENDAHULUAN……………………………………………..                  1
        A. LATAR BELAKANG…………………………………………                  1
        B. IDENTIFIKASI MASALAH………………………………….                  1
        C. PEMBATASAN MASALAH………………………………....                   1
        D. RUMUSAN MASALAH………………………………………                 2
        E. TUJUAN……………………………………………………….                   2
        F. KEGUNAAN…………………………………………………..                  2
BAB 2 LANDASAN TEORI…………………………………………..                  3
BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN……………………………......                 4
        A. WAKTU DAN TEMPAT PENILITIAN ...................................                 4
        B. METODE PENILITIAN ITU ....................................................                  4
        C. INSTRUMEN PENELITIAN………………………………….                  4
        D. ANALISIS DATA……………………………………………..                  4
BAB 4 PENUTUP……………………………………………………...                  5
        A. KESIMPULAN…………………………………………………                 5
DAFTAR PUSATAKA…………………………………………………                 7









ii


BAB 1
PENDAHULUAN


A. LATAR BELAKANG
Kunyit merupakan tanaman rempah yang berasal dari india. tanaman kunyit berupa semak memiliki tinggi kira-kira 70cm. kunyit memiliki batang semu, akar serabut berwarna coklat muda dan membentuk rimpang. Daun kunyit berbentuk lanset memanjang, tulang daunnya menyirip,pangkal dan ujungnya meruncing, berwarna hujau pucat, mempunyai tangkai yang panjang dengan panjang sekitar 40 cm. Rimpangnya memanjang berbentuk jari,berwarna kuning, dan sedikit bersisik. Benih yang di budidayakan adalah rimpangnya. Kunyit hidup subur di kawasan lapang dan mendapat cahaya matahari.
Bagian tanaman kunyit yang dijadikan bumbu dapur adalah rimpang dan daunnya. Daun kunyit memberikan aroma harum pada masakan dan rimpangnya memberikan warna kuning pada masakan..

B. IDENTIFIKASI MASALAH
Berdasarkan pembahasan latar belakang permasalahan dapat diidentifikasi beberapa masalah dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut:
1. Bagaimana pemanfaatan kunyit untuk kesehatan manusia ?
2. Apakah wortel mengandung antioksidan dan fitonutrien ?

C. PEMBATASAN MASALAH
Dari diidentifikasi masalah yang terpapar di atas diperoleh gambaran dimensi permasalahan yang begitu luas. Namun menyadari adanya keterbatasan waktu dan kemampuan, maka penulis memandang perlu memberi batasan masalah secara jelas dan terfokus . Selanjutnya masalah yang menjadi obyek penelitian dibatasi hanya pada analisis kandungan dan manfaat kunyit bagi kesehatan manusia.






1
D. RUMUSAN MASALAH
1. Kandungan gizi apa saja yang terdapat dalam kunyit ?
2. Manfaat kunyit bagi kesehatan ?

E. TUJUAN
Adapun tujuan dari penulisan karangan penilitian sederhana tentang manfaat kunyit bagi kesehatan  ini selain untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Bahasa Indonesia tetapi juga untuk  memberikan informasi  kepada masyarakat agar   tahu tentang pemanfaatan kunyit untuk kesehatan.

F. KEGUNAAN
Kegunaan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui dari manfaat dan kandungan yang terdapat dari kunyit terhadap kesehatan


















2

BAB 2
LANDASAN TEORI

Kunyit merupakan tanaman berupa semak dan bersifat tahunan (perenial) yang tersebar di seluruh daerah tropis. Tanaman kunyit tumbuh subur dan liar disekitar hutan atau bekas kebun. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Binar pada ketinggian 300-1600 m dpl, ada juga yang mengatakan bahwa kunyit berasal dari India. Kata Curcuma berasal dari bahasa Arab Kurkum dan Yunani Karkom. Pada tahun 77-78 SM, Dioscorides menyebut tanaman ini sebagai Cyperus menyerupai jahe, tetapi pahit, kelat, dan sedikit pedas, tetapi tidak beracun. Tanaman ini banyak dibudidayakan di Asia Selatan khususnya di India, Cina, Taiwan, Indonesia, dan Filipina.
Klasifikasi tanaman kunyit sesuai dengan urutan taksonomi sebagai berikut :
Kingdom : Plantae
Divisi     : Spermatophyta
Kelas      :  Monocotyledoneae
Ordo      :  Zingiberales
Famili     :  Zungiberaceae
Genus    :  Curcuma
Species   :  Curcuma Longa Linn
Tanaman kunyit tumbuh bercabang dengan tinggi 40-100 cm. Batang merupakan batang semu, tegak, bulat, membentuk rimpang dengan warna hijau kekuningan dan tersusun dari pelepah daun (agak lunak). Daun tunggal, bentuk bulat telur (lanset) memanjang hingga 10-40 cm, lebar 8-12,5 cm dan pertulangan menyirip dengan warna hijau pucat. Berbunga majemuk yang berambut dan bersisik dari pucuk batang semu, panjang 10-15 cm dengan mahkota sekitar 3 cm dan lebar 1,5 cm, berwarna putih/kekuningan. Ujung dan pangkal daun runcing, tepi daun yang rata. Kulit luar rimpang berwarna jingga kecoklatan, daging buah merah jingga kekuning-kuningan.
Kunyit merupakan rempah-rempah yang sering digunakan, terutama untuk kari. Di daerah Jawa, kunyit banyak digunakan sebagai ramuan jamu karena berkhasiat menyejukkan, membersihkan, mengeringkan, menghilangkan gatal, dan menyembuhkan kesemutan. Manfaat utama tanaman kunyit, yaitu sebagai bahan obat tradisional, bahan baku industri jamu dan kosmetik, bahan bumbu masak, peternakan dll. Disamping itu rimpang tanaman kunyit itu juga bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti oksidan, anti mikroba, pencegah kanker, anti tumor, dan menurunkan kadar lemak darah dan kolesterol, serta sebagai pembersih darah.
Zat warna kuning pada kunyit (berkode E100) dimanfaatkan untuk melindungi produk makanan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Bila digunakan bersama zat warna lain,
3
 yakni annatto (E160b), kunyit dapat dimanfaatkan untuk memberi warna pada keju, yogurt, mentega, dan margarin.
Komposisi utama penyusun kunyit yaitu minyak atsiri (volatil oil), furmerol, sineol, zingiberin, borneol, karvon, dan kurkuminoid. Kandungan terbesar dari kunyit adalah zat warna kurkumoid. Kurkumoid sendiri terdiri dari kurkumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin, dan bidesmetoksikurkumin. Kurkumin (sejenis senyawa polifenol) merupakan senyawa aktif pada kunyit, yang terdapat dalam dua bentuk tautomer, yakni bentuk keto pada fase padat dan bentuk enol pada fase larutan..


BAB 3
METODOLOGI PENELITIAN

A. Waktu Dan Tempat Penelitian
Penelitian ini sudah dilaksanakan pada semester 6 tahun 2015 yang dimulai tanggal 23 April sampai dengan 27 April. Dan lokasi penilitian ini di Laboratorium.

B. Metode Penelitian
Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data yang digunakan dalam sebuah proses penelitian. Metode pengumpulan data yang penulis pergunakan meliputi:
1. Observasi adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan pengamatannya melalui hasil kerja pancaindra mata serta dibantu dengan pancaindra lainnya. Dalam penelitian ini digunakan observasi partisipasi (participant observer) yaitu pengumpulan data melalui observasi terhadap objek pengamatan dengan langsung hidup bersama, merasakan serta berada dalam aktivitas kehidupan objek pengamatan). Adapun kegunaan dari metode observasi ini, setidaknya penulis mendapat gambaran secara sekilas mengenai manfaat dan kandungan dari wortel bagi kesehatan manusia.
2. Kuesioner adalah pertanyaan tertulis yang diberikan kepada responden untuk dijawab. Responden dapat memberikan jawaban dengan memberi tanda pada salah satu atau beberapa jawaban yang telah disediakan, atau dengan menuliskan jawabannya. Peneliti mempergunakan kuesioner ini sebagai alat pengumpulan data yang paling utama yang dikembangkan berdasarkan kisi-kisi yang telah ditentukan sebelumnya.



4


C. Instrumen Penulisan
Teknik penyusunan kuesioner adalah berdasarkan pada hasil observasi dari sejumlah orang yang sedang membutuhkan dan mencari informasi.

D. Analisis Data
Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif secara analitik yaitu mengungkapkan suatu masalah dan keadaan sebagaimana adanya, sehingga hanya merupakan penyingkapan fakta.
Proses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang diperoleh baik melalui hasil kuesioner, kemudian dideskripsikan dengan cara menggunakan analisis persentase.


BAB 4
PENUTUP

A. KESIMPULAN
A. Kandungan gizi yang terdapat di kunyit
Selain digunakan sebagai bahan bumbu makanan, ternyata kunyit mempunyai beberapa manfaat yang luar biasa.  Kunyit mengandung energi sebesar 63 kilokalori, protein 2 gram, karbohidrat 9,1 gram, lemak 2,7 gram, kalsium 24 miligram, fosfor 78 miligram, dan zat besi 3 miligram.  Selain itu di dalam Kunyit juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,03 miligram dan vitamin C 1 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Kunyit, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 78 %.
Belakangan ini banyak produk-produk kecantikan dengan menggunakan bahan dasar kunyit. Hal tersebut tidak lain karena kunyit memang bermanfaat untuk kecantikan. Salah satunya untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan noda hitam di wajah.

B. Manfaat wortel
Untuk Mencegah Penuaan.
Kunyit yang dihaluskan untuk dijadikan sebagai bahan bedak ternyata mampu memerangi tanda penuaan.
Cara pemakaian : ambil beberapa bubuk kunyit, air hangat, dan campur hingga berbentuk pasta. Kemudian pakai ke tubuh Anda dan biarkan mengering. Lalu bersihkan dengan air hangat.

5


Obat Jerawat.
Kunyit dapat mengurangi bekas luka dan radang serta membuat sekresi minyak di bawah kontrol.
cara pemakaian : siapkan bubuk kunyit, beberapa tetes jus lemon dan air. Campur semuanya hingga berbentuk pasta, lalu oleskan ke daerah yang tempat yang bermasalah dan biarkan selama 15 menit. Pada akhirnya gosok dengan lembut bersama air biasa..
Obat Kolestrol.
Studi 2008 yang diterbitkan jurnal obat menemukan fakta, kurkuminoid dalam kunyit menurunkan peradangan dan stres oksidatif pada pasien diabetes tipe 2.
Mencegah Kanker.
Antioksidan yang terkandung dalam kunyit bermanfaat untuk mencegah kerusakan dan mutasi sel. Selain itu terdapat juga kandungan kurkumin, dimana kandungan ini bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan kanker seperti kanker perut, kanker usus, dan kanker kulit..


















6
DAFTAR PUSTAKA

3. http://buahan-sehat.blogspot.co.id/2014/03/kandungan-gizi-dan-manfaat-kunyit-bagi.html
4. http://manfaatbuahdaun.blogspot.co.id/2013/11/manfaat-kunyit-untuk-kesehatan.html






















7

chandrafebriawann.blogspot.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright @ 2015

Distributed By Free Blogger Templates | | | |