Wednesday 30 October 2013


MAKNA SUMPAH PEMUDA PADI PEMUDA SAAT INI DAN KONDISI YANG TERJADI SAAT INI

Pada 28 Oktober 1928 silam gelora para pemuda untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini melalui Kongres Pemudanya sangat membara. Berbagai kelompok pemuda dari seluruh penjuru nusantara hadir dalam sebuah Kongres untuk menyuarakan aspirasi yang sama yaitu persatuan dan kesatuan, mereka menginginkan perubahan dan terbebas dari cengkeraman penjajahan bangsa Belanda.Oleh karena itu dengan momen peringatan Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober kiranya bisa dijadikan tonggak untuk kembali membangkitkan rasa nasionalisme kebangsaan bagi para pemuda. Untuk itu diperlukan intervensi pemerintah yang lebih intensif khususnya dalam hal penyediaan wadah pembinaan bagi generasi muda, tentunya disamping wadah yang disediakan juga
diperlukan sosialisasi kepada generasi muda agar sarana yang disediakan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Memang untuk merubah sudut pandang generasi muda agar kembali memiliki rasa kebangsaan yang tinggi tidak bisa dilakukan secara drastis, pendekatan, sosialisasi dan sarana yang memadai diperlukan sebagai tahapan proses merubah paradigma ini. Contoh kasus bagi remaja yang hoby kebut-kebutan dan balapan liar di jalan raya yang tentu saja hal ini dapat membahayakan dirinya dan orang lain dapat disalurkan melalui pembinaan olah raga balap motor yang difasilitasi dengan baik disamping sosialisai mengenai bahaya balap liar di jalan raya. Hidupkan kembali wadah karang taruna yang sudah mulai hilang, hal ini sangat efektif karena organisasi tersebut berada pada tingkat RW yang sangat bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Disamping pembinaan secara eksternal melalui wadah-wadah organisasi yang dilakukan pemerintah, diperlukan juga pembinaan secara internal dalam rumah tangga. Peran orangtua dalam mendidik anak-anaknya sangat membawa pengaruh pada prilaku anak, penanaman pendidikan agama juga dapat membentengi sang anak dari hal-hal yang akan menjerumuskannya ke jurang kehancuran. Dengan pendidikan agama dan akhlak yang baik maka remaja dapat memfilter mana hal yang boleh dan mana yang tidak boleh untuk dilakukan, sehingga dengan sendirinya mereka akan tumbuh dan berkembang pada jalur yang positif. Disamping itu peran serta masyarakan dalam menjaga kondisi yang aman dan kondusif sebagai sarana berkreatifitas para remaja juga sangat dibutuhkan.
Akhirnya dengan Sumpah Pemuda yang diperingati tiap tanggal 28 Oktober ini kiranya dapat menumbuhkan kembali rasa patriotisme dan kebangsaan yang tinggi di kalangan pemuda melalui wadah positif yang didukung oleh pemerintah, orangtua dan masyarakat. Demikianlah sekilas mengenai Makna Sumpah Pemuda Bagi Generasi Saat Ini dan Solusi Kenakalan Remaja semoga bermanfaat.

chandrafebriawann.blogspot.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright @ 2015

Distributed By Free Blogger Templates | | | |